Alergi Detergen

Beberapa hari ini beberapa bagian di kulit telapak tangan dan jari tangan saya kering dan mengelupas.
Semakin hari semakin banyak bagian yang mengelupas.
Satu bagian lain sembuh, di bagian lain mengelupas lagi.
Jadinya semakin hari permukaan kulit yang mengelupas tersebut semakin tipis.
Sesekali terasa perih, apalagi jika terkena detergen, sabun cuci piring,
dan terkena bumbu seperti cabai, bawang, dll ketika sedang menumbuk.
Permukaan telapak tangan menjadi kasar, jadi malu kalau bersalaman. hihi

Saya sudah pernah beberapa kali mengalami ini sebelumnya.
Setelah diperhatikan, sepertinya penyebabnya karena alergi detergen.
Yang saya bingung, dampak alergi tersebut munculnya kadangkala, tidak setiap saya menggunakan detergen.
Padahal setiap hari saya menggunakan detergen.
Kenapa begitu yha ?

Kejadian kulit telapak tangan mengelupas ini sebelum-sebelumnya terjadi sekitar 1-2 bulan.
Baru pulih kembali.
Saya sudah coba memakai skin food, vitamin kulit yang diminum, dan pelembab kulit, masih belum berhasil.
Sementara, tiap hari harus mencuci piring dan baju.

Ada yang pernah mengalami seperti ini juga ?
Teman saya, Chui, kemarin mengalami hal yang sama.
Tapi kami berdua tidak tau bagaimana cara untuk mengatasinya.
Apabila anda sekalian punya tips, mohon beritahu saya yhaa.. :)

Leave a Reply

