Kangen Membaca Mahabharata Trilogy :)

Waktu kecil saya suka sekali membaca komik bergambar karya-karya R.A Kosasih. Diantaranya yang pernah saya baca adalah serial Mahabharata (4 buku), Bharatayudha (3 buku), Ramayana (7 buku) dan Batara Krishna (3 buku).. terakhir membaca komik-komik tersebut sekitar kelas 6 SD..tapi sampai sekarang masih saya ingat alur ceritanya apalagi serial kesukaan saya Mahabharata dan Bharatayudha, karena kedua serial tersebut sering saya baca berulang-ulang.

Mahabharata secara garis besar menceritakan tentang kehidupan para Pandawa (Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula-Sadewa) dan 99 orang Kurawa dari sejak lahir hingga dewasa, hingga penyebab terjadinya perang Bharatayudha. Tokoh Yudhistira mengajarkan tentang kesabaran, Bima mengajarkan tentang kekuatan dan keberanian, Arjuna mengajarkan tentang keramahtamahan dan kepatuhan, Nakula-Sadewa mengajarkan tentang ketelitian dan kecerdikan. . Saya sendiri suka sekali dengan tokoh 2 bungsu kembar Nakula-Sadewa dan tokoh penasihat dari Pandawa yaitu Batara Krishna. Banyak wejangan tentang kehidupan,tentang agama, tentang norma yang diajarkan Batara Krishna terutama yang paling saya suka nasihat Krishna kepada Arjuna (jilid Bhagawadgita). Dan tentu saja mudah dicerna (untuk saya yang waktu itu masih kelas 3 SD).

Bharatayudha menceritakan tentang jalannya perang saudara sedarah antara Pandawa dan Kurawa..intinya tentu saja tentang bagaimana pada akhirnya kedurjanaan akan dikalahkan oleh kebenaran..dan pada akhirnya hanya akan tersisa kebenaran, dimana Pandawa akan hidup dan tetap utuh berjumlah 5 orang setelah mengalahkan para Kurawa.

Sayang sekali saya tidak sempat membaca serial terakhir yaitu Pandawa Seda yang menceritakan tentang kehidupan Pandawa di alam akhirat,(diceritakan bahwa semua anggota Pandawa masuk neraka kecuali Yudhistira).. saya tidak sempat membaca Pandawa Seda karena waktu itu belum sempat dibelikan Bapa..sedihnya..

Karena sering dipinjamkan ke sana-sini,jadi banyak halaman dari buku-buku tersebut yang hilang. Dan ketika pindahan rumah dari Kuningan ke Bandung, buku-buku itu ditinggal di gudang.. setiap saya pulang ke rumah di Kuningan selalu saya coba cari, tapi ternyata di gudang sudah tidak ada..

saya sudah cari buku yang sama di beberapa toko buku. Tapi tidak pernah menemukan buku yang mirip. Di buku yang saya baca waktu itu, pada setiap peristiwa dan adegan cerita, R.A Kosasih menyertakan gambar, sehingga lebih mudah memahami alur ceritanya. sehingga 1 bukunya saja bisa sampai 300 halaman. Sedangkan yang saya temui di toko buku sekarang bentuknya seperti novel biasa,pengarangnya juga bukan R.A Kosasih..saya memang masih hafal alur-alur ceritanya,tapi saya kangen sekali melihat gambar-gambarnya.. tokoh-tokoh Pandawa digambarkan rupawan sekali..hehe..saya kangen sekali membaca buku-buku itu..

bagaimana..ada yang bisa bantu saya mendapatkan buku-buku itu ?

2 thoughts on “Kangen Membaca Mahabharata Trilogy :)

    1. iyha Mas Oki..
      milta juga pernah nonton di tivi
      tapi,menurut milta ngga seseru seperti di komiknya..

      kayanya harus nyari di kwitang Mas..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s