You Are Fantastic..Don’t Use Plastic !

“Hari gini masih pake plastik ?”

Melihat tulisan tersebut pada sticker yang ditempel di gerobak penjual gorengan
di Jl. Siliwangi dekat kampus ITB tadi pagi.
Jadi teringat kejadian beberapa waktu yang lalu di angkot.

Waktu itu pulang kerja seperti biasa saya naik angkot.
Ketika angkot berhenti di depan Bandung Indah Plaza,
ada 2 anak sma lagi beli cilok (makanan dari sagu berbentuk bulat yang direbus, biasanya berisi daging ayam atau sapi,salah satu makanan favorit saya juga😛 ).
Setelah itu mereka naik angkot yang saya tumpangi
dengan masing-masing membawa sebungkus plastik cilok,dibungkus ganda dengan plastik hitam..
Ketika duduk, dan ciloknya hendak dimakan, plastik hitamnya dilempar ke jalan begitu saja.
Jadi perjalanan plastik itu hanya dari tukang cilok,sampai angkot,terus dibuang.
Kedua anak sma itu melakukan hal yang sama..

Kalo memang ciloknya mau langsung dimakan seketika,kenapa mesti dibungkus ganda pake plastik lagi ?..
Atau setidaknya plastiknya jangan dibuang sembarangan..
Mau negur juga sungkan, banyak orang di situ😛..
Haduh,budaya kita masih saja seperti itu..
Buang sampah sembarangan dan menggunakan plastik untuk hal-hal yang tidak terlalu perlu.

Saya sendiri berusaha untuk mengurangi penggunaan plastik ketika berbelanja..
Untuk berbelanja sayur tiap hari saja, saya tidak lupa selalu membawa kantong kertas dari rumah.
Maksudnya supaya tukang sayurnya tidak perlu memberi saya kantong plastik lagi.
Belanja di warung dan di supermakket juga saya melakukan hal yang sama,
kalo masih bisa dibawa tanpa kantong plastik,atau masih bisa masuk di kantong kertas atau tas yang saya bawa,
saya tidak mau kalo mereka kasih plastik..
Bayangkan kalo anda beli mi instan 1 bungkus di warung dan anda masih meminta plastik,
sampai rumah anda akan punya 2 sampah (sampah bungkus mi instan dan plastiknya)..
Bayangkan berapa lama waktu yang diperlukan untuk me-recycle kedua sampah tersebut..

Kita bisa melihat sekeliling kita bertembangan atau bertumpuk sampah plastik…
Lihat juga beberapa bahaya sampah plastik di sini
Jadi..mari kita mulai kurangi penggunaan plastik, untuk kehidupan masa depan kita yang lebih bersih..

By The Way, saya juga sering beli cilok di situ,tapi saya tidak pernah minta plastik ganda..🙂

2 thoughts on “You Are Fantastic..Don’t Use Plastic !

  1. sip Pa..🙂

    Milta banyak belajar dari Pa Farad
    untuk tidak membuang sampah sembarangan
    walaupun hanya bungkus permen🙂

Leave a Reply

