Ramadhan #9 : Pindah Mesjid

Setelah beberapa hari menjalankan tarawih di masjid yang paling dekat dari rumah saya,
akhirnya malam ini, saya dan keponakan saya yang sedang saya latih untuk menjadi rocker Ilham Murteza (8),
akhirnya memutuskan untuk menjalankan tarawih di mesjid RT sebelah..
Alasan kami pindah adalah karena di mesjid sebelumnya itu, anak-anak kecil yang disana ributnya minta ampun..
Sering main petasan di sebelah mesjid, bahkan pernah sampai ada yang melempar petasan ke dalam mesjid..
Jadinya shalat kami sering tidak khusyu..
Alasan lainnya adalah karena disana jumlah rakaat tarawihnya hanya 8 rakaat,
sedangkan di mesjid yang baru ini jumlah rakaat tarawihnya 20 rakaat..
Kata Ilham beberapa waktu lalu :

Ilham : pindah bah tante kita dari mesjid ini, kita terawih di mesjid deket rumahnya si Hasan aja tante..
Milta: Kenapa emang Ham ?
Ilham : ribut terus anak-anak kecilnya disini.. #kaya kamu bukan anak kecil aja
Milta : tapi di mesjid RT 3 itu, jumlah rakaatnya 23 Ham..emang kamu ga cape nanti ?
Ilham : nah, bagus lah 23 tante..jadi kita cepet masuk surganya..

Dan malam ini pertama kalinya kita ikut tarawih di mesjid RT 03 ini..
Mesjidnya lebih bagus dan lebih bersih daripada mesjid sebelumnya..
Jemaatnya juga lebih banyak.. Dan ternyata anak kecilnya juga lebih banyak ! waduh !
Saya shalat di lantai tingkat 1, dan Ilham di lantai dasar..

Tapi saya malah lebih tidak khusyu lagi shalat disini..
Masalahnya itu, pertama : itu suara si Ilham tiap mengucapkan “amin” terdengarnya sampai ke atas..
Jadi sepanjang shalat itu, saya geregetan tidak tahan mau marahin dia..
Yang kedua : kebetulan saya berada di shaf perempuan paling depan,
dan sekitar 2 meter di depan kami ada 2 anak kecil perempuan (sekitar usia 5 tahun)
sedang duduk sambil cengar cengir kepedesan karena makan keripik peudeus (pikda – keripik lada)..
kriik..krikk..kress..kress…sshuaaahhh..
Anak siapa sih mereka itu ? ck ! rasanya pengen saya usir itu anak-anak..:D
Pokoknya jadi tidak khusyu deh..
Tadinya mau saya marahin, tapi selaku warga dan jemaat baru, saya jadi ga berani😛
Lagian ko pada ga ada yang bilangin sih ?😦

Setelah bubaran shalat, sambil nongkrong (ceileh nongkrong !) main petasan di sebelah mesjid sama Ilham,
saya marahin dia tentang teriakan “amin”-nya yang terdengar ke seantero mesjid..
Dia malah sibuk menceritakan tentang pengalaman pertamanya shalat di mesjid baru ini..

Ilham : kentut lagi shalat tuh batal kan tante ?
Milta : iyha lah Ham, emang kamu kentut lagi shalat tadi ?
Ilham : ai ndak lah tante..
Milta : trus ?
Ilham : tadi tuh tante, ada bapak-bapak di sebelah aku tuh, udah mau selesai shalatnya, kentut dia tante.. buuuut.. !
#ekpresi muka Ilham waktu menceritakan ini lucu sekali
Milta : tapi dia wudhu lagi ?
Ilham : ndak, terus aja dia shalat sampai salam..

Ding..

Oh iyha, cerita saya di atas tentang kami nongkrong sambil main petasan di sebelah mesjid, itu jelas bohong yha..
Yang benar itu kami main mercon.. Ahh.. itu bohong juga !
Yang sebenarnya itu, kami nongkrong sambil makan cuanki* di sebelah mesjid..
Biasalah, anak nongkrong gaholl gella kayak keta-keta kan makannya cuanki !😛

*cuanki : makanan berkuah berisi baso ditambah dengan siomay kering dan tahu kering yang direbus (ada juga yang suka ditambah mie rebus), biasanya penjualnya tidak pake gerobak, tapi dipikul.. Lagipula selama saya tinggal di Bandung, saya belum pernah melihat penjual cuanki dengan gerobak..

>>
Doa Hari ke 10 Ramadhan :

Allahummaj ‘alnii fiihi minal mutawakkiliina ‘alaika
Waj’alni fiihi minal faaiziina ladaika, Waj’alni fiihi minal muqorrobiina ilaika
biihsaanika yaa ghooyatatthoolibiin

Ya ALLAH jadikanlah aku di bulan ini dari golongan orang-orang yang bertawakal kepada-MU,
jadikanlah ak di bulan ini dari golongan orang-orang yang jaya di haribaan-MU,
dan jadikanlah aku di bulan ini dari golongan orang-orang yang telah dekat dengan-MU.
Dengan kebaikanmu wahai Tujuan orang-orang yang berharap..

Leave a Reply

