Tentang Pameran 110 Foto Bung Karno, Bandung.

Ya,akhirnya menulis ini juga. Senang, memiliki waktu luang untuk mendatangi acara ini. Pergi bersama seorang sepupu saya, yang baru pertama kali ke Bandung. Senang juga, karena setelah mendengar cerita dari beberapa teman tentang pameran ini di kota Medan dan Bali, akhirnya pameran ini diadakan di Bandung juga. Oh iyha, ini acara Pameran Foto-Foto Bung Karno. Pameran diadakan mulai tanggal 24 juni – 30 Juni 2011. Juni selalu menjadi bulan Bung Karno. Beliau menuliskan landasan hidupnya (yang pada akhirnya dikukuhkan sebagai Pancasila) pada tanggal 01 Juni 1945, beliau lahir pada tanggal 06 Juni 1901, dan beliau meninggal pada 21 Juni 1970. Bandung merupakan salah satu kota berarti dalam perjalanan hidup Bung Karno.

Gedung Indonesia Menggugat adalah tempat diadakannya pameran juga merupakan gedung yang bersejarah dalam perjuangan Bung Karno sebagai pemimpin Bangsa Indonesia. Tempat yang menyenangkan, nyaman, rapih, dan panitia yang ramah. Saya sedang melihat-lihat gambar dan sedang diwawancara oleh seorang peliput harian lokal, ketika seorang pemandu (Bapak Mujib Hermawan) menghampiri saya. Bersalaman, dan saling memperkenalkan diri. Pemandu yang ramah, dan cakap dalam menjelaskan masing-masing cerita dari setiap gambar. Menurutnya, jumlah keseluruhan foto yang dipajang kali ini berjumlah 110. Itu berarti disesuaikan dengan usia Bung Karno saat ini. Disusun berurutan dari mulai Bung Karno lahir, kemudian dewasa, dipenjara, berkeluarga, menjadi presiden, diasingkan, dan sampai akhir hayatnya. Gambar-gambar yang dipajang adalah gambar-gambar yang hampir seluruhnya tidak pernah muncul di media. Pak Mujib hafal sekali setiap penjelasan di dari masing-masing foto.

Oh iyha, saya mengambil banyak sekali gambar. Beberapa saya akan posting disini..

»

»

»

»

»

»

»

»

»

»

»

»

»

»

»

»

»

»

Nice Guy(ide)

Nice Guy(ide)

»

»

»

»

»

Sedang berkeliling, tiba-tiba ada Mas-Mas menyapa, dan menunjukkan koleksi foto Bung Karno milik keluarganya yang disimpan secara turun-temurun.

»

»

»

»

»

»

»

Saya mengagumi banyak hal dari Bung Karno. Semangat perjuangannya, ideologinya, wibawanya sebagai pemimpin yang terkenal di dunia, juga bagaimana dia selalu menghormati kaum perempuan. Di salah satu foto digambarkan beliau sedang mengajar politik pendidikan politik untuk pertama kalinya kepada kaum perempuan di Indonesia.

Hmm.. apalagi yha ? Saya bingung harus menceritakannya bagaimana.. nyaman sekali pokoknya. Saya menghabiskan lebih dari 4 jam disana. Menonton pertunjukkan musik tradisional, mengambil gambar, dan membaca. Rasanya tidak mau pulang.

Goodnight!

*

“Mengagumi tokoh besar tidak ada hubungannya dengan agama atau mazhab tertentu”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s