Gigi Gading.

Tadi pagi sehabis sikat gigi saya bercermin, sambil nyengir.
Sering sekali bercermin dengan pose seperti itu. Gigi saya rapih sekali soalnya. Ehehe.
Saya pernah mengkonsultasikan kepada teman saya yang Dokter gigi, tentang gigi saya yang berwarna agak kuning.
Padahal saya bukan perokok atau pengunyah inang. Kopi sih iyha.
Singkatnya, menurut teman saya, gigi saya ini termasuk jenis gigi gading.
Putih agak kekuningan seperti gading gajah ?
Menurut teman saya juga, gigi dengan jenis ini kemungkinan tidak akan ampuh di-bleaching (diputihkan memakai pemutih)
Jadi, walaupun pakai pemutih, hasilnya akan tetap seperti awalnya (sesuai warna gigi saat pertama kali tumbuh).
Yang mungkin akan hilang adalah warna kuning karena minum kopi, makanan/minuman panas dan dingin, rokok, cola, atau inang.
Fakta menyenangkannya, gigi saya tersusun rapih, tidak berjarak satu sama lain,
bentuknya kecil-kecil tapi cenderung kuat mengunyah dan menggigit apapun.
Seumur hidup juga saya belum pernah mengalami sakit gigi. Hehe.

Pagi ini semakin menyadari kalau gigi saya semakin tidak putih, mendekati kuning.
Saya mengukurnya memakai alat pengukur tingkat keputihan gigi (ngga enak sekali kalimatnya).
Yang paling mendekati dengan warna gigi saya adalah di kotak ke 5 dari 10.
Itu bearti kuning sekali yha.. hihi.
Penyebabnya sudah pasti karena kopi dan makanan panas.
Kopi, bagi saya enak diminum dalam keadaan panas.
Jadi, setelah air mendidih dituang ke gelas dan diaduk, saya hanya membiarkannya sekitar 2-3 menit, lalu diminum.
Dan setiap gelas hanya akan habis dalam waktu 5-10 menit. Begitu juga dengan mie rebus berkuah.
Kan memang kurang enak, minum kopi dan makan mie rebus yang sudah agak dingin.

Misalkan satu minggu saya minum kopi 7-10 kali, mie rebus 2-5 kali,
Kira-kira di umur 40 tahun, gigi saya akan sekuning apa yha ?!
Ngeri juga hehe.
Mungkin solusinya, setelah minum/makan yang panas-panas/berwarna, harus segera sikat gigi yha..
Supaya gigi saya tidak bertambah kuning.🙂

Leave a Reply

