Bapak Di Udara

Pagi ini Bapak berangkat ke Medan bersama teman-temannya untuk sebuah (atau mungkin beberapa hal) keperluan.
Ini pertama kalinya setelah 15 tahun rasanya Bapak pergi ke tempat yang sangat jauh dari rumah.
Saya sedih melihatnya, sudah setua itu (Bapak saya : 62) Bapak masih ingin pergi kesana-kesini.
Bapak itu orangnya pejalan, petualang, senang bergaul, banyak teman, tahan lama kalau mengobrol.
Saya pernah melihat, Bapak mengobrol 2 hari 1 malam bersama adiknya, om saya (Om Maramis),
Hanya diselingi sembahyang dan ke kamar kecil. Super daddies!
Mungkin karena itulah, Bapak tidak betah kalau istirahat di rumah terus.
Kadang-kadang sedang dirumah, dijemput sama anak-anak mahasiswa untuk pengajian kesana-kesini.
Padahal kami sudah sering mengingatkan untuk membatasi kegiatannya di luar rumah.

Yang juga membuat sedih tentang keberangkatan Bapak hari ini adalah karena Bapak akan pergi ke Medan naik pesawat.
Bapak itu takut dengan ketinggian. Seumur hidupnya, sebelum ini, baru dua kali Bapak naik pesawat.
Itu pun diikuti dengan demam setelahnya.
Kalau sudah begini, saya jadi khawatir. Bagaimana kalau setelah turun pesawat di Medan Bapak demam ?
Tiba-tiba menakutkan banyak hal. Menyesali banyak hal.
Kalau orang yang saya sayangi pergi jauh, pasti banyak yang saya takutkan..
Bahkan saya membayangkan semua kemungkinan terburuk.
Bagaimana kalau ada apa-apa dengan Bapak, tanpa ada kami di dekatnya ?
Saya mengingtkan kepada semua orang di rumah ini,
untuk peka terhadap setiap apa yang Bapak lakukan, apa yang Bapak ucapakan sebelum keberangkatannya.
Semakin menakutkan banyak kemungkinan, semakin menyadari kami belum bersiap apapun.
Menyadari juga, saya tidak pernah menjadi anak yang baik buat beliau.
(saya tidak bisa menahan tangis).

>>

>>

Ya ALLAH, demi haknya Muhammad dan keluarganya yang suci, peliharalah dan berkatilah Bapak dimanapun ia berada.
Tidak sanggup meneruskan menulis. Kalut sekali.—

One thought on “Bapak Di Udara

Leave a Reply

