Solusi Pengganti Kopi : Bandrek

Akhir-akhir ini saya mulai berhenti minum kopi.
Memang belum berhenti sama sekali, sesekali masih berdamai dengan hati saya, dan minum kopi.
Tapi memang lebih sering berdamai dengan kepala, dan tidak minum kopi.
Mungkin bukan waktu yang tepat untuk berhenti.
Karena angin kencang, hujan, udara dan cuaca akhir-akhir ini dingin sekali,
sehingga selalu tergoda untuk tetap minum kopi.
Tapi, kalau tidak dimulai, kapan lagi bisa berniat berhenti?!
Nantinya akan mencari alasan terus untuk tetap minum kopi. Hehe

Saya sebenarnya bisa saja mengganti kebiasaan minum kopi dengan minum teh.
Tapi meminum teh, cenderung cepat membosankan.
Akhirnya, saya menemukan solusi pengganti kopi. Yaitu bandrek.
Sari jahenya membuat hangat seluruh tubuh.
Setelah minum bandrek juga badan terasa lebih segar, dan bisa mencegah masuk angin.

Saya menemukan beberapa merk bandrek instan yang dijual di pasaran.
Tapi, favorit saya adalah ini :

>>

>>

Kemasan instan dari bandrek ini sangat praktis. Tinggal seduh pakai air mendidih.
Merknya “Hanjuang”. Buatan lokal Bandung. Bisa dibeli di supermarket dan minimarket.
Harganya Rp 7.500/5 bungkus.
Saya menemukan 3 rasa : rasa original, rasa cokelat, dan rasa mokka. Favorit saya rasa original.
Entah, kalau di supermarket dan minimarket di kota lain dijual juga tidak ?

Jadi ingat masa kecil dulu.
Saya ini kan waktu kecil nakal sekali. Seringkali mandi di sungai lama sekali.
Nah, ketika pulang, biasanya dimarahin orangtua.
Lalu Nini (nenek) saya menghibur saya dengan membuatkan bandrek.
Memarut jahe, mencampurnya dengan gula merah, lalu memasaknya sampai mendidih.
Hangat.
Kemarin-kemarin Nini saya mengunjungi kami di Bandung.
Dan kali ini, saya yang membuatkan dan membelikan bandrek instan ini.

Hmmm… menurut BMG, angin masih akan bertiup kencang sampai akhir awal Februari.
Terasa menakutkan sekali memang hawa angin yang bertiup akhir-akhir ini.
Cuaca juga akan tetap dingin dan curah hujan tetap tinggi beberapa minggu ke depan.
Untuk menghangatkan badan, mungkin bisa dicoba dengan minum bandrek.🙂

Being healthy is a choice. Stay healthy, fellas!

Leave a Reply

