Dosa-Dosa Yang Meruntuhkan Penjagaan

Saya sering mendengar riwayat, bahwa selepas ber-haji dan umrah, doa seseorang akan selalu dikabulkan dan ALLAH menurunkan malaikat penjaga di sekelilingnya selama 40 hari berikutnya.
Malaikat-malaikat penjaga itulah yang akan selalu mengirimkan sugesti kepada nurani kita untuk mengingatkan kepada kita apabila kita digoda syaitan, dan juga menjaga kita dari segala bahaya dan bencana yang mencelakakan. (dan ALLAHlah yang Maha Tahu Kebenaran)

Kemarin hari Selasa, saya mengikuti kajian yang diadakan Prof. Dr. KH. Jalaluddin Rakhmat, M.Sc (saya selalu bangga menyebutkan setiap pangkat yang tertera padanya, betapa Maha Suci ALLAH yang telah memuliakannya di antara manusia) yang kebetulan ketika saya dan teman-teman kantor melaksanakan umrah kemarin, beliau membantu kami menjadi pembimbing seluruh ritual, ruhani, dan ziarah. Saya merasa diberkati ALLAH atas karunia tersebut.

Berkaitan dengan penjagaan oleh para malaikat sepulang umrah, Ust. Jalal membagikan ilmunya tentang dosa-dosa yang dapat meruntuhkan penjagaan tersebut. Saya ingin juga membaginya kepada teman-teman.

  1. Mencuri yang bukan haknya
  2. Membunuh
  3. Meminum-minuman haram
  4. Berzina
  5. Berjudi

Dosa-dosa tersebut yang sering kita dengar dari berbagai riwayat dan ceramah para ulama. Saya pun percaya itu benar. Yang menarik, Ust. Jalal menambahkan bahwa ada 2 dosa yang juga meruntuhkan penjagaan yaitu :

1. Menyakiti ALLAH dan Rasulullah yang menyebabkannya dilaknat bukan saja sepulang haji dan umrah, tetapi juga selamanya di dunia dan akhirat.
Saya sendiri bertanya-tanya, mana mungkin yang Maha Segala bisa tersakiti. Menurut Ustadz, maksudnya adalah ketika kita menyakiti Rasulullah itulah kita juga menyakiti ALLAH. Ringkasnya, yang saya tangkap dari kajian tersebut, beberapa dosa tercakup adalah : membuat risalah agama baru atau mengubah-ngubah agama (mungkin juga termasuk membuat yang sunah menjadi bid’ah atau sebaliknya ?), menghilangkan jejak-jejak sejarah kenabian, dan menjadikan sesuatu sekutu bagi ALLAH.

2. Menyakiti kaum mukminin dan mukminat, apalagi yang bukan karena dosanya.
Mukminin dan mukminat dalam sepemahaman saya tentu saja bukan hanya orang Muslim, tapi mereka adalah kaum Muslim yang mukmin dan kaum bukan Muslim yang mukmin (penjelasan tentang kaum Muslim dan kaum Mukmin bisa ditanyakan kepada Ustadz masing-masing, atau bisa dicerna sendiri sebelum ditanyakan kepada Ustadz masing-masing🙂 )

Apa saja contohnya ? kalau yang ini sepertinya banyak sekali yang saya lakukan. Ini adalah hari ke-9 sepulang kami kembali dari tanah suci-NYA, mungkin penjagaan pun sudah saya runtuhkan sendiri karena dosa-dosa saya menyakiti kaum di sekeliling saya. Perihal saya menyakiti hatinya, merampas haknya, atau mengabaikan kehormatannya. Saya merasa sangat bersedih atas ini semua. Betapa dunia dan syaitan telah banyak sekali menipu dan memperdaya saya, dan saya terpedaya. Dan jikalau bukan karena ampunanMU atas dosa-dosaku Ya ALLAH, maka aku termasuk orang yang merugi.

Berkaitan dengan ke-6 dosa yang meruntuhkan penjagaan ,saya ingin berbagi salah satu bait doa yang terdapat pada serangkai doa yang diajarkan Imam Ali Bin Abi Thalib KWH, kepada Kumayl Bin Ziyad (yang menurut riwayat) maqbul dibaca setiap malam Jum’at atau selepas shalat malam;

Ya Nuuru ya Qudduus
Yaa awwalal awwaliin wa yaa aakhiral aakhiriin
Allaahummaghfirli yadzdzunuuba llatii tahtikul ‘ishom
Allaahummaghfirli yadzdzunuuba llatii tunzilunnaqam
Allaahummaghfirli yadzdzunuuba llatii tughayyarunna’am
Allaahummaghfirli yadzdzunuuba llatii tahbisuddu’aa
Allaahummaghfirli yadzdzunuuba llatii tunzilul balaa
Allaahummaghfirlii kulla dzambin adznabtuh wa kulla khotii atin akhthaa
tuhaa

Wahai Nur, Wahai Yang Maha Suci
Wahai Yang awal dari segala yang awal dan wahai yang akhir dari segala yang
akhir
Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku yang meruntuhkan penjagaan
Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku yang mendatangkan bencana
Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku yang merusak nikmat
Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku yang merintangi doa
Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku yang menurunkan bencana
Ya Allah ampunilah segala dosa yang telah kulakukan dan segala kejahatan
yang telah kukerjakan.

Yaa Arhamarrahimiin..

Berkaitan dengan ke-6 dosa yang meruntuhkan penjagaan tersebut, saya sharing dengan rekan kerja saya Pa Haji Agus dan Pa Haji Rayyan, mungkin esensi dari penjagaan dosa-dosa tersebut adalah; kita idealnya senantiasa membiasakan menjaga diri kita dari hal-hal yang dimurkai ALLAH dan hal-hal yang mengkhianati kecintaan kita kepada Rasulullah, seperti yang selalu kita coba lakukan di tanah suci, untuk diterapkan juga sepulangnya.

Selamat hari Jum’at, semoga ALLAH mengabulkan setiap doa dan munajat yang terpanjat..

Leave a Reply

