Ayat Favorit

Menurut Imam Syafi’i, sekiranya seluruh ayat Al Qur’an itu tidak turun, dan yang turun kepada kita hanya satu surat saja, Surat Al ‘Ashr itu sudah cukup untuk kita jadikan pedoman hidup sehari-hari kita.

Menurut Dawam Rahardjo, sekiranya seluruh ayat Al Qur’an itu tidak turun, dan yang turun kepada kita hanya surat Al Fatihah saja, itu saja sudah cukup. Ketika ia menulis tafsir, dan tafsirnya baru sampai pada Al Fatihah saja, ia sudah mengatakan betapa hebat dan menakjubkannya Al-Fatihah itu.

(Jalan Rakhmat – Jalaluddin Rakhmat)

>>

>>

Kira-kira maksudnya mungkin begini :

Wal ‘ashri “Demi Masa”.

Jika seumur hidup kita berpedoman pada satu ayat dari surat itu saja, sudah tentu selayaknya setiap dari kita akan menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya.

Bismillahirrahmanirrahiim. “Dengan Menyebut Nama ALLAH yang Maha Pengasih Maha Penyayang”.
Ayat pertama dari surat al Fatihah ini, dan kalimat yang selalu dibaca di setiap permulaan surat ini, apabila kita pahami lebih dalam, tentu rasanya sudah cukup untuk dijadikan kendali kita dalam setiap melakukan perbuatan, karena kita percaya ada nama ALLAH di setiap perbuatan kita.

Misal, bagi seseorang yang lain, ayat favoritnya adalah :
Fabiayyi alaa irrobbikuma tukadzibaan ? “maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan ?” .
Ayat yang diucapkan berulang-ulang itu sangat bermakna mendalam baginya. Saking bermaknanya, ia hampir menghabiskan usianya untuk terus memuji ALLAH atas setiap nikmat yang turun kepadanya.

Sudah tidak bisa dipungkiri, isi kandungan setiap ayat (bahkan setiap kata, bahkan setiap huruf) Al Qur’an maha dahsyatnya. Saya pun mencoba mengambil satu ayat favorit, yang paling saya jadikan pedoman dalam hidup saya, tentu tidak akan saya bagikan di sini, saya lebih menyukainya menyimpan di dalam hati untuk lebih dimaknai secara pribadi.

Nah, dari seluruh isi kandungan Al Qur’an, adakah yang paling anda favoritkan, sehingga menjadi pedoman hidup anda ?

🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s