Dan.. ini bukan yang pertama.. Sebelumnya, saya pun pernah kehilangan tasbih (yang terbuat dari tanah Karbala, tanpa lapisan) pemberian teman dari berziarah ke Karbala. Saya selalu memakainya di mihrab, membawanya kemana pun saya pergi, dan telah bersama saya selama 3 tahun. Waktu itu sedang dalam perjalanan di bis dari Jeddah menuju Madinah. Saya dalam keadaan tertidur, sehingga mungkin tasbih terjatuh dari tangan saya. Ketika menyadari kehilangannya, bis tersebut telah pergi. Saya memberi waktu diri saya untuk menangis beberapa saat, berusaha merelakan.

4 hari dari hari itu, saya sedang dalam keadaan berihram. Sedang dalam perjalanan dari Madinah ke Makkah. Saya menggenakan cincin bermata batu hijau yang jeli, yang saya beli di pasar di sebelah Baqi. Saya sengaja membelinya, mengambil berkah tempat membelinya. Saya menunjukkannya ke beberapa teman, sehingga beberapa dari mereka ikut terpikat dan kemudian ikut membeli. Saya menyesali kesombongan saya, sungguh. Saya sangat mencintai cincin bermata batu hijau itu. Sehingga saya memutuskan memakainya ketika berihram.

Entah bagaimana, 5 jam kemudian, sesampainya di Mekkah, saya mendapati cincin tersebut tidak lagi melekat di jari manis saya. Sampai sekarang pun saya tidak dapat mengingat, dimana kiranya cincin tersebut terlepas. Saya langsung teringat atas kesombongan saya itu. Dan saya menyesal atasnya. Hikmahnya, tidak lama setelah itu, saya baru mengetahui, bahwa menurut Fiqih Ahlul Bayt, wanita tidak diperkenankan menggenakan perhiasan di tubuh (gelang, cincin, anting, dsb) ketika ihram.

Kita memang seringkali diuji oleh apa yang kita cintai. Saya berlindung kepada ALLAH dari mencintai apa-apa melebihi kecintaan saya kepada-NYA dan kepada Rasulallah (sawa).

Innalillahi, wa inna ilaihi rajiuun..

Leave a Reply

