Saya Tidak Golput, Saya Mencoblos.

???????????????????????????????

Barusaja pulang dari berpartisipasi menjadi pemilih dalam pesta rakyat, yaitu pemilu. Walaupun saya tidak pernah membicarakan partai politik, apalagi menunjukkan kecenderungan saya kepada salah satu atau beberapa partai, saya sesungguhnya sangat excited dan memantau banyak berita terkait. Dari jauh-jauh hari, saya sudah mulai mempelajari profil para calon legislatif, sehingga ketika memilih, sedikit banyak saya sudah mengetahui profilnya.

Sejak awal saya tidak pernah golput. Saya merasa saya diberi hak untuk memilih, sehingga saya punya tanggung jawab untuk mempelajari pilihan-pilihan saya. Saya fikir, semua wakil itu pastilah tidak ada yg sempurna, tapi dengan mempelajari profilnya, kita jadi lebih mudah menenentukan siapa yang terbaik di antara mereka.

Lagipula, golput jika bukan karena masalah teknis, menurut saya tetap merugikan. Misal, beberapa orang memilih untuk golput karena mereka fikir tidak ada yang mampu mewakili mereka, tidak ada yang baik calegnya, katanya. Saya melihatnya itu bukan solusi, karena dipilih atau tidak, pembagian kursi itu niscaya. Saya tidak mau suara mengarah kepada pilihan yang salah, hanyak karena saya merelakan golput. Apalagi presentasi golut pemilu sebelumnya hampir 24%, dan alasan golputnya hampir 3/4nya karena ketidakpercayaaan. Berarti, sebetulnya yang golput itu faham politik, dan punya kesempatan untuk menyeleksi. Saya pribadi, lebih baik saya pilih caleg yang saya fikir paling baik itu, dengan tujuan untuk memberikan kekuatan kepada caleg tersebut, agar dapat menahan/melawan caleg yang dianggap tidak baik.

Saya pernah memilih partai yang kalah, akhirnya yang menang yang berkuasa, dan dinastinya korup. Saya bukannya bahagia atas itu, tapi setidaknya saya sudah melawan mereka sejak awal, saya tidak memilih mereka, saya jadi tidak feeling guilty. Tapi akhirnya dari situ saya jadi lebih tahu track record beberapa partai dan pemimpinnya.

Setelah mencoblos, saya jadi lebih bersemangat mengikuti kelanjutan pemilu ini, walaupun saya tidak akan banyak berkomentar.

Leave a Reply

