Menonton Serial Mahabharata di ANTV

Saya sedang senang sekali menonton ANTV setiap malam sejak bulan lalu. Apa pasal? Adalah tayangnya serial Mahabharata setiap malam pukul 20.40 di ANTV. Durasi tayang selama 20 menit memang dirasa kurang, tapi bonus di hari Minggu, tayang mulai pukul 19.00 yang merupakan ulangan seluruh episode 6 hari sebelumnya.

Beberapa versi serial Mahabharata memang pernah tayang di televisi nasional. Kali ini terasa lebih fresh, pemeran-pemeran dari tokoh-tokoh inti sangatlah rupawan (setuju?). Serial Mahabharata asli dari India ini menurut kabar di Indianya sendiri sedang menjadi tayangan favorit, dan masih tayang di STARPLUS (serta shooting stripping masih berlangsung). Menarik sekali ANTV berani membeli hak siarnya yaa..dan akhir-akhir ini ternyata menjadi salah satu diantara 5 acara yang paling banyak ditonton! Yaa..memang cerita dari serial Mahabharata versi terbaru ini menurut saya sangat menarik, menyenangkan ditonton bersama keluarga di family hour.

Ingin sedikit berbagi tentang cerita dari Serial Mahabharata ini. Saya tamat membaca komik Mahabharata karya R.A Kosasih lebih dari 10 kali, dan tidak pernah bosan. Sebetulnya, terdapat beberap perbedaan alur cerita versi R.A Kosasih dengan versi aslinya dalam kitab Weda. Dan ini diakui oleh R.A Kosasih dengan tujuan untuk lebih disesuaikan dengan budaya Jawa. Meskipun begitu, alur ceritanya tidak jauh berbeda.

Namun, saya pribadi perhatikan; bahwa versi serial yang sedang tayang ini lebih detil alurnya, lebih detil pula penggambaran karakter dan emosionalnya. Dulu, ketika saya membaca Mahabharata semasa sekolah dasar, saya sangat pro Harjuna, tak tergoyah oleh Ekalaya dan Adipati Karna, misalnya. Beranjak dewasa, berulang kali membaca, kecintaan saya kepada Harjuna (dan Pandawa pada umumnya) menjadi goyah, apalagi setelah lebih mendalami karakter kebijaksanaan Adipati Karna sebagai kakak tiri 5 saudara itu, dan setelah menelisik (cieeeh menelisik!) lebih jauh mengenai keberpihakan jiwa Dewa Wisnu (dalam diri Sri Kresna) pada kejadian terbunuhnya Harjuna oleh Ekalaya.

Saya fikir, dalam versi R.A Kosasih memang konflik dibuat lebih sederhana, cerita lebih menenangkan, sehingga sangat mudah menentukan siapa yang jahat, siapa yang sebaliknya. Kita lebih mudah menentukan di pihak mana kita berada. Sederhana. Tanpa mengurangi rasa hormat kepada kepiawan R.A Kosasih dan yang menggambar setiap adegan dan gestur. Sungguh pun, serial Mahabharata versi R.A Kosasih sangat mewarnai kehidupan saya.

Versi serial yang sedang tayang ini, cukup memberikan warna baru. Alur cerita dibuat lebih pelik dan lebih detil. Saya merasa, sangat sulit untuk membenci tokoh yang paling jahat sekalipun (kecuali Sangkuni, tentunya!). Apalagi untuk memilih apakah akan berpihak kepada Adipati Karna, Ekalaya, ataukah kepada Pandawa. Sangat membuat bimbang, hehe.

Oh iya, sepertinya mulai besok akan dimulai episode-episode Pandawa dan Kurawa belia, tak lagi anak-anak. Pastinya saya sudah mengintip spoiler serupawan apa mereka. Daan..akan lebih susah lagi memilih untuk memihak kemana, bahkan saya baca di beberapa thread, banyak juga yang menggemari pemeran tokoh Duryudana. Haha.. Duuh..

Saya sangat tertarik mengikuti jalannya serial ini. Akhirnya, saya sangat merekomendasikan kepada siapapun yang menyukai budaya pewayangan, dengan kisah-kisah bijak di dalamnya (yang jauh dari kisah-kisah humor wayang konyol) untuk mencoba menyimak jalannya kisah serial Mahabharata ini bersama keluarga. Semoga dapat mengambil pelajaran dari setiap kisahnya.🙂

Oh ya, berikut hasil mengintip beberapa pemeran rupawan itu.. Hehe..

Karna

Adipati Karna (picture)

Harjuna

dan ini..hehe

sisterNakula dan Dewi Kunti! Sweet!

Selamat menonton yaaa.. :0

Oh ya, menarik juga bergabung ke forum penyimah Mahabharata ANTV di sini : https://www.facebook.com/groups/mahabharataantv/

Leave a Reply

