Menonton Kelanjutan Serial Mahabharata

Setelah berhenti menonton selama satu bulan, akhirnya saya sampai pada episode paling mengharukan dari serial Mahabharata ini. Episode 254, episode meninggalnya Karna. Duh rasanya hancur sejadi-jadinya. Episode ini mungkin salah satu episode yang paling saya tunggu, dan membuat saya bertahan menonton Mahabharata.

Maharathi Karna, tak perlu diragukan lagi merupakan salah satu tokoh sentral dalam epik ini. Bharatayudha tidak akan terjadi, jika Karna tidak ada. Karena apa? Karena dasar dari segala kepercayaan Duryudhana untuk menyatakan perang adalah kepercayaan bahwa ia akan menang dengan keberadaan Maharathi Karna di pihaknya. Bahkan, sesudah setiap kekuatan tetua Hastina runtuh, Duryudhana tak hendak menghentikan perang, karena ia percaya satu Maharathi Karna cukup baginya untuk kehormatannya. Dan, orang terhormat akan meninggal secara terhormat pula. Bisa dilihat bagaimana basudev Krishna selalu memiliki respek terhadap karakter ini. Jika dilihat lebih jauh, pengaruh pribadi Karna juga melekat ke diri Duryudhana setelah Karna meninggal. Duryudhana tidak mau meletakkan senjata, meskipun Duryudhana sudah mafhum bahwa pihaknya yang kalah. Namun, Duryudhana tidak mau membuat dirinya kalah sia-sia. semangat ksatria Karna menginspirasinya untuk tetap mempertahankan kehormatan dan wafat sebagai ksatriya. Tapi itu kalau versi aslinya (versi alih bahasa KMG translasi), kalau versi starplusnya, di episode-episode ini Duryudhana merutuki Karna atas kekalahan Karna. kira-kira begitu.😦

Tidak akan membahas lebih jauh tentang jalannya cerita dari serial yang paling banyak ditonton di negerinya ini. Oh, di Indonesia ada di urutan kedua sebagai acara yang paling banyak ditonton! Dengan durasi yang hanya 25 menit (beberapa kali memang 50 menit), worth watching karena beberapa alasan yang saya lihat :

Biaya yang besar untuk investasi pembuatan serial ini menghasilkan efek-efek dan penokohan yang hebat, dengan ratusan tim kreatif design, kostum yang indah, dan penayangan adegan-adegan yang segar, namun detil.Salah satu nilai plus juga dari serial Mahabharata versi starplus ini adalah ketepatan dalam memilih aktor dan theme song menurut saya.

Perhatikan bagaimana hebatnya akting untuk karakter Duryudhana dan Arjuna (keduanya adalah aktor favorit, meski bukan karakter favorit). Terlihat matang dan all packed menggambarkan karakter keduanya. Pooja Sharma as Draupadi is also good, but i more like Kunti which is perfectly portrayed by Shafaq Naaz. she’s so natural, queen of everyone. Over all, all the actors are deserve all the awards!

Oh dan tentang theme song! Semuanya keren (duh kata ‘keren’ ini memang subjektif sekali, susah menggambarkannya). Saya pribadi suka sekali theme song Karna’s entry, Draupadi’s wedding, dan Basudev Krishna’s entry yada yada hi dharma sya.. heart touching!

Saya heran, kenapa bisa semua entry song cocok sekali dengan karakter yang sedang di-highlight. Dan.. theme song untuk Drupadi’s wedding itu..menghancurkan hati sekali. Ketika pernikahannya dengan lima Pandawa itu, saya seperti melihat.. mulai disanalah kiranya penderitaan Draupadi akan dimulai.. sering beneran nangis dan galau setiap kali mendengar theme song Draupadi’s wedding (tidak tahu judulnya apa, hehe!). Pokoknya udah sepaket kayanya dari jalan cerita, pemilihan aktor, theme song, keren dan segar!

Ini beneran salah satu serial yang menguras emosi, susah move on, dan akan susah pula melupakan. Akan menjadi salah satu bagian penting dalam sejarah hidup saya, bahwa saya pernah menonton serial keren ini.

Oh ya, kalo yang ga sabar menonton kelanjutan dari episode di antv (yang sebetulnya udah ketinggalan jauh, hehe) atau malah ada yang ketinggalan episode-episode sebelumnya, saya ada temen yang jual hasil downloadan versi starplus (kualitas HD bening bingiiitzzz hehe) yang diformaat ke dalam dvd. Dia jual dengan harga Rp 9,000/dvd. satu dvd ada sekitar 10-12 episode. Jadi sekitaran total dari episode pertama itu ada 24 disc (sekitar 216.000an kira-kira). Dan terakhir saya cek, dia udah download sampe episode 258 (udah di episode setelah Karna meninggal). Bahasanya Hindi, dengan pilihan subtitle Indonesia dan Inggris. jadi bisa tetap mendengarkan suara asli para pemainnya yang menggetarkan jiwa itu. hehe.. Saya ingin bantu teman saya yang geek itu sih, karena dia bantuin saya untuk dapat menonton setiap episodenya, hehe. Lumayan untuk mengurangi beban hidup teman saya itu, hehe. Udah jomblo, butuh uang pula, padahal pinter IT bingiiits. Bisa hubungi ke 085318871407 ya.. semoga enak bertransaksi, dan ga tipu-tipu.🙂 Ini contohnya, aww Arjun’s eyes!

Bening ga? hehe
Bening ga? hehe

Oh ya, ingin mendengar juga kesan teman-teman yang sudah dan sedang menonton serial ini..apa yang disukai, apa yang tidak disukai..jika berkenan, share di comment ya..🙂

pranipaat

Leave a Reply

