Memasak Mie Ayam

Dua hari libur akhir pekan ini, saya menghabiskan waktu di rumah. Kegiatan favorit saya ketika akhir pekan adalah memasak. Kali ini saya mencoba memasak Bakmi Ayam, salah satu makanan favorit saya dan keponakan-keponakan. Ini pertama kalinya saya mencoba memasak Bakmi Ayam. Alhamdulillah seluruh keluarga suka dengan rasanya. Misi berhasil! Saya ingin berbagi resepnya.🙂

20140830_085917-tile

20140830_095254-tile

note : saya pribadi lebih suka merica utuh, rasanya lebih enak dibanding pakai merica bubuk dalam kemasan. Jahe dan lengkuas? Kenapa saya menambahkannya? Saya suuuuka sekali dengan rasa dan aroma jahe dan lengkuas dalam racikan bumbu. Bukan bumbu populer dalam mie ayam, tapi beberapa ahli resep juga menyertakannya. Dan menurut saya rasa tumis ayam menjadi lebih nikmat karena jahe dan lengkuas.

Cara Memasak : Bumbu Tumis Ayam.
Panaskan 4 sdm minyak dengan api kecil, masukkan bumbu yang dihaluskan beserta irisan daun bawang, serai dan salam. Setelah bumbu mengeluarkan aroma harum, masukkan potongan ayam, aduk sampai bumbu menyatu dengan potongan ayam. Tambahkan kecap asin, kecap inggris dan kecap manis. tuangkan setengah gelas air, tutup untuk membuat bumbu meresap dan air berkurang. Setelah air berkurang setengahnya, masukkan jamur kancing, aduk-aduk sampai matang, dan tumisan segera diangkat. Tumisan jangan sampai kering yaa..harus tetap terdapat air tumisannya.

20140830_172913-tile

20140830_173603

20140830_175829

Cara Memasak: Kuah Kaldu
Didihkan 500ml air, masukkan 100gr tulang ayam, masukkan bumbu yang dihaluskan, didihkan selama 15 menit

20140830_100228-tile

Cara Memasak : Mie Telur basah
Didihkan 1 liter air, tambahkan 1sdm minyak ke dalam air. Masukkan mie ke dalam panci dengan menggunakan saringan. Tiriskan dan tuangkan mie ke dalam masing-masing mangkuk.

20140830_174853-tile

Pelengkap:
rebusan caisin iris, bakso sapi, kerupuk pangsit, goreng bawang, kecap dan saus.

walaaaa… berikut hasilnya.

20140831_144248

Enak, dan semua keluarga saya yang ikut makan, memuji rasanya. hore!  Lebih enak daripada kelihatannya loooh.. Ada yang mau berbagi pengalaman memasak mie ayam?

Leave a Reply

